Kupat Glabed : Kuliner Enak Khas Tegal

Belakangan ini, tuntutan pekerjaan mengharuskan saya untuk sering perjalanan dinas ke luar kota mengunjungi cabang perusahaan. Salah satu kota yang cukup sering saya singgahi adalah Kota Tegal. Selain bekerja, aktivitas lain yang wajib saya lakukan ketika berkunjung ke Kota Tegal adalah makan-makan. Ada banyak kuliner khas dari kota bahari ini, salah satunya adalah Kupat Glabed. Makanan satu ini sukses membuat saya jatuh cinta dan selalu memburunya saat kembali ke Kota Tegal.

Kupat glabed sebenarnya menu yang sederhana. Hanya irisan kupat yang kemudian disiram dengan sayur tempe kuah kuning kental, lalu ditaburi kerupuk dan bawang goreng. Menurut saya, kenikmatannya justru ada pada kuah kuningnya yang kental, atau orang Tegal biasa menyebutnya ‘ngGlabed’. Biasanya kupat glabed disajikan dengan menu pendamping berupa sate kerang atau sate telor puyuh.
Kupat Glabed
Kupat Glabed

Tidak sulit untuk mencari Kupat Glabed di Tegal. Banyak penjual yang menjajakan makanan ini dari pagi hingga malam hari. Menurut saya, entah kenapa, makanan ini lebih enak disantap saat malam hari. Sayangnya, terakhir saat saya ingin berburu Kupat Glabed, hujan malah deras mengguyur Kota Tegal. Akhirnya saya hanya mencegat bapak penjual kupat glabed keliling yang kebetulan melintas di depan penginapan. Rasanya tetap mantap kok 😀

2 thoughts on “Kupat Glabed : Kuliner Enak Khas Tegal”

Leave a Reply