Merindukan Nikmatnya Soto Banjar

Kalau di postingan sebelumnya saya sudah ngobrolin jejak icip-icip Kupat Glabed di Kota Tegal, kali ini saya masih mau posting tentang icip-icip yang tidak jauh-jauh dari kupat juga, yaitu Soto Banjar.  Ada yang sedang berencana untuk berlibur ke Kalimantan, atau tepatnya ke Banjarmasin? Jangan sampai tidak mencoba  mencicipi nikmatnya Soto Banjar.

Bahan utama dari soto banjar adalah ketupat, ayam kampung suwir, telor rebus yang diiris tipis, bihun, dan perkedel kentang, lalu disajikan dengan kuah rebusan ayam yang bearoma rempah-rempah. Bumbu-bumbu yang diracik untuk soto banjar ini terlebih dahulu ditumis hingga wangi, baru dicampur ke dalam kuah rebusan ayam.
Soto Banjar
Mencicipi Nikmatnya Soto Banjar

Umumnya kuah soto banjar berwarna bening, tapi ada juga yang agak keruh karena dicampur dengan susu. Soto banjar nikmat disantap selagi panas, ditambah dengan perasan jeruk nipis, dan taburan bawang goreng.

Soto yang satu ini selalu menjadi soto favorit saya. Terakhir kali saya mencicipi soto banjar sekitar satu tahun lalu, ketika sedang pulang kampung ke Kalimantan. Saya sempat mengabadikan foto sepiring soto banjar, yang sampai saat ini tiap kali dilihat, membuat saya jadi merindukan nikmatnya soto banjar.

6 thoughts on “Merindukan Nikmatnya Soto Banjar”

  1. oh ya? ortu kakak sekarang tinggal di banjar ya? ada tempat soto banjar yang rekomended di sana kalau perlu spot wisata/tempat yang menarik dan layang dikunjungi kak.. minggu depan mau backpackeran ke sana soalnya

    1. Soto banjar bang amat di dekat jembatan banua anyar, tempatnya di pinggir sungai martapura, recommended. Trus cobain wisata pasar terapung di sungai kuin. Menikmati denyut nadi pasar tradisional khas banjar 😀

Leave a Reply