Pesona Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Kawasan Gunung Kidul menyimpan banyak potensi wisata yang tidak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata lainnya di Yogyakarta. Salah satu tempat yang pernah saya jejaki adalah Embung Nglanggeran. Embung Nglanggeran terletak di Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Embung ini berada di kawasan Geopark Gunung Api Purba Nglanggeran.

Embung adalah istilah yang sering digunakan oleh orang Jawa untuk menyebut telaga buatan yang difungsikan sebagai sarana pengairan. Lalu, apa menariknya berwisata di tempat yang fungsi sebenarnya adalah untuk pengairan? Eits, jangan salah…
Papan Selamat Datang di Embung Nglanggeran
Papan Selamat Datang di Embung Nglanggeran

Selain bentuk embung yang cukup unik dan warna air yang tampak indah karena pantulan matahari, pemandangan di sekeliling Embung Nglanggeran pun benar-benar tidak membuat saya kecewa saat berkunjung ke tempat ini. Walaupun sedikit lelah menempuh perjalanan dari tempat parkir di area bawah menuju ke lokasi embung yang berada di atas bukit, rasanya lelah saya terbayar begitu sampai di sana.

Pesona Embung Nglanggeran
Pesona Embung Nglanggeran

Gazebo yang tersedia di beberapa titik bisa digunakan untuk duduk-duduk sekedar melepas lelah sembari menikmati pemandangan. Di kejauhan, hijaunya hamparan perbukitan sangat memanjakan mata. Pemandangan lain yang nampak berbeda dan cukup menarik perhatian saya adalah gagahnya Gunung Api Purba yang terlihat jelas di sisi lain dari embung ini. Maklum, Embung Nglanggeran masih berada di Kawasan Geopark Gunung Api Purba Nglanggeran yang sudah lebih dulu terkenal sebagai objek wisata di Gunung Kidul.

Penampakan Gunung Api Purba Nglanggeran Dari Embung

Tidak sulit menemukan lokasi Embung Nglanggeran. Dari Yogyakarta, tempat ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam. Paling gampang, tujulah kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Dari sana akan ada banyak petunjuk arah untuk menuju ke Embung Nglanggeran. Masyarakat sekitar pun tidak enggan membantu menunjukkan lokasi apabila ada pengunjung yang nyasar 😀

2 thoughts on “Pesona Embung Nglanggeran Gunung Kidul”

Leave a Reply