Sauto : Soto Jagoan Khas Tegal

Masih kuliner edisi Kota Tegal. Ditugaskan oleh kantor beberapa minggu di kota ini membuat saya punya cukup banyak waktu untuk berburu macam-macam kuliner. Setelah sebelumnya saya icip-icip Kupat Glabed, kali ini jejak saya mampir di Warung Sauto Sedap Malam milik Pak Daan Jenggot yang terletak di bilangan jalan Talang-Tegal. Warung Sauto Sedap Malam Pak Daan Jenggot ini merupakan warung soto Tegal yang cukup terkenal dan selalu ramai pengunjung.

Sauto adalah soto khas Tegal. Bisa dibilang, kalau bicara soto khas Tegal, sauto ini jagoannya. Konon nama sauto berasal dari gabungan kata soto dan tauco. Tauco menjadi campuran di dalam soto yang kemudian memberikan ciri khas dan cita rasa tersendiri bagi soto Tegal.

Saat sedang menuju ke daerah Talang, kawan saya sudah wanti-wanti perihal rasa sauto yang mungkin bagi sebagian orang ‘agak aneh’. Saya pikir, seaneh apa sih?? Setibanya di warung sauto dan masuk ke dalam, tampaknya orang-orang yang sedang makan di sana santai-santai saja melahap sauto.

Saya pun segera memesan sauto untuk mengurangi rasa penasaran. Ada beberapa pilihan yang tersedia seperti sauto ayam, sauto daging, sauto babat, atau sauto campur. Kawan saya menyarankan untuk mencoba sauto campur agar bisa merasakan kenikmatannya secara komplit.

Saya yang tidak terlalu suka pada babat, akhirnya menjatuhkan pilihan pada sauto ayam saja. Tidak perlu menunggu lama, pesanan saya sudah datang.

Sauto Ayam Dengan Taburan Bawang dan Kriuk
Sauto Ayam Dengan Taburan Bawang dan Kriuk

Wah, mangkok yang digunakan sama dengan soto kudus yang biasa saya makan, namun aroma dan penampakannya jauh berbeda sekali. Kuah sauto cenderung berwarna kecoklatan yang ditaburi dengan suwiran daging ayam, daun bawang, dan kriukan kulit ayam yang digoreng hingga garing.

Rasanya? Benar-benar dominan tauco. Rasa manis, asam, dan asin bercampur jadi satu. Terasa agak aneh di lidah saya yang belum terbiasa (you’re right, bro! hahaha). Tapi bagi orang-orang yang sudah terbiasa, rasa sauto ini nikmatnya tidak perlu diragukan lagi.

Tidak sedikit mangkok-mangkok sisa makan pengunjung sebelumnya yang isinya ludes dilahap. Wajah-wajah puas para pengunjung pun menjadi pertanda bahwa cita rasa sauto sedap malam ini patut diacungi dua jempol.

Kuah Sauto Yang Kecoklatan
Kuah Sauto Yang Kecoklatan

Hmm…, jadi tidak ada salahnya mampir di warung sauto sedap malam Pak Daan Jenggot ini jika sedang berada di Tegal. Menikmati sauto khas Tegal yang rasanya unik dan belum tentu ditemukan di daerah lain? Patut dicoba.

7 thoughts on “Sauto : Soto Jagoan Khas Tegal”

Leave a Reply