Jelajah Museum Malam Hari di Dolan Museum Ranggawarsita

Museum lekat dengan kata spooky, kuno, dan membosankan sehingga membuat orang sering kali malas bahkan sama sekali tidak berpikir untuk jalan-jalan ke museum. Museum sangat kalah pamor dengan tempat wisata macam pegunungan, pantai, bahkan pusat perbelanjaan. Wisata sejarah untuk jelajah museum masih sangat jauh dari pilihan alternatif wisata kebanyakan orang.

Rupa-rupanya Museum Ranggawarsita Jawa Tengah terus berbenah untuk menghilangkan ‘pola pikir turun temurun’ tersebut dari benak masyarakat, khususnya para kaum muda. Setelah sebelumnya sukses dengan gelaran “Ngobrol Seru Bareng Komunitas Ayo Dolan Museum”, 21 Maret 2016 kemarin Museum Ranggawarsita kembali menyapa para kanca museum dari berbagai kalangan melalui kegiatan Dolan Museum “Malam Bersama Wayang” yang dimulai dari pukul 19.00 – 22.00 WIB.

Sebenarnya ada beberapa sesi acara dalam rangkaian Dolan Museum “Malam Bersama Wayang” ini, misalnya seperti diskusi tentang wayang, perform Wayang Orang, serta penampilan dari Jazz Ngisoringin. Namun yang cukup menarik bagi saya adalah sesi Jelajah Museum. Kalau biasanya museum hanya buka di siang hari, kali ini Museum Ranggawarsita memberikan kesempatan kepada para kanca museum untuk menikmati dan menyelami budaya Indonesia di malam hari.

Hmm, museum yang identik dengan kata menyeramkan justru akan dijelajahi di malam hari, seperti apa rasanya? Yang terbayang di pikiran saya justru adegan-adegan dalam film Night at The Museum. Agak seram-seram gimanaaa gitu. Ah, sudahlah, lebay.

Setelah mengikuti sesi jelajah museum tersebut, ternyata menjelajahi museum di malam hari tidaklah seseram yang saya bayangkan. Bisa jadi karena memang museum nyatanya tidak seram-seram amat, atau karena jelajah museumnya dilakukan beramai-ramai bersama para kanca museum yang lain? Masih pula rombongan dipandu oleh guide museum yang kece-kece. Entahlah…

Terlepas dari urusan seram atau tidak, yang terpenting bagi saya adalah hasil jelajah museum semalam sudah memberikan cukup banyak pengetahuan baru tentang budaya Indonesia, khususnya tentang wayang.

Yaps, sesuai tema “Malam Bersama Wayang”, para guide memandu para kanca museum untuk menjelajahi ruang-ruang di dalam museum dengan lebih banyak fokus memberikan informasi-informasi seputar wayang. Mulai dari makna dan kisah di balik gunungan, wayang kancil, wayang beber, wayang warta, dan lain sebagainya.

Jelajah museum malam hari di Museum Ranggawarsita sukses menorehkan kesan. Buktinya, walaupun udara Kota Semarang sedang gerah-gerahnya, tidak menyurutkan semangat para kanca museum untuk berkeliling menjelajahi museum. Bahkan semakin malam jumlah kanca museum yang datang semakin bertambah banyak.

Semoga masih akan ada dobrakan gelaran-gelaran acara seru lainnya dari Museum Ranggawarsita dan bahkan museum-museum lain di Indonesia yang bisa memancing ketertarikan masyarakat khususnya kaum muda untuk mau #dolanmuseum. Semoga…

1 thought on “Jelajah Museum Malam Hari di Dolan Museum Ranggawarsita”

Leave a Reply