Eksplore Goa Rong View

Weekend dan waktunya jalan-jalan eksplore Goa Rong View. Yeayy…

Menggandeng teman kantor yang juga hobi jalan-jalan, saya pun mulai bongkar-bongkar daftar wacana yang belum sempat terealisasi. Tidak jauh-jauh, akhirnya Goa Rong View (atau ada juga yang menyebut dengan Bukit Rong), tempat wisata yang terletak di Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, menjadi salah satu Narnia kami di weekend ini.

Melewati jalur Semarang – Ungaran – Bawen – Tuntang, lalu masuk melalui kompleks Tlogo Resort, akhirnya kami sampai di depan gapura masuk menuju tempat wisata Goa Rong View.

Gerbang Menuju Goa Rong View
Gerbang Menuju Goa Rong View

Dari gapura, ternyata kami masih harus masuk lagi beberapa meter melewati jalan menanjak yang berkelok untuk sampai di pos penjualan tiket. Yap, pengunjung Goa Rong View akan dikenakan tiket masuk, murah kok cuma Rp 3000,- per orang (hari biasa) dan Rp 5000,- per orang (hari libur), belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Setelah membeli tiket, kami masih harus naik lagi beberapa meter untuk sampai di parkir wisata Goa Rong View. Jalan yang dilalui masih sama, menanjak dan berkelok, tapi untungnya jalan sudah teraspal dengan baik.

Ada Apa Dengan Goa Rong View?

Pemandangan indah, udara yang segar, dan tempat yang nyaman tentu menjadi sebuah paket wisata yang menarik. Paket komplit tersebut salah satunya disuguhkan di Goa Rong View.

Goa Rong View merupakan objek wisata yang letaknya di daerah perbukitan, dilengkapi arena bermain anak-anak, gazebo, taman yang rimbun, serta restoran yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman dengan harga yang sangat terjangkau.

Dari Goa Rong View, pengunjung dapat menikmati pemandangan Rawa Pening, hamparan sawah yang hijau, dan gagahnya deretan 5 gunung (Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran).

Pemandangan Dari Bukit Goa Rong
Pemandangan Dari Bukit Goa Rong

Sayangnya saat saya belum sempat banyak mengabadikan pemandangan indah tersebut, mendung sudah lebih dulu menggelayut manja di langit. Kabut juga perlahan mulai muncul.

Sebelum hujan benar-benar turun, saya akhirnya bergegas mencari goa yang menjadi asal usul nama tempat wisata ini. Sesuai namanya, di objek wisata Goa Rong View tentu ada goa yang bisa dieksplore oleh para pengunjung. Walaupun mendung dan angin sudah mulai kencang, saya tetap nekat mau turun ke bawah. Saya penasaran seperti apa sih bentuknya Goa Rong itu.

Goa Rong dan Legenda Para Petapa

Jika berangkat dari sisi restoran Goa Rong View, pengunjung harus berjalan menuruni anak tangga yang cukup banyak untuk bisa sampai ke Goa Rong yang terletak agak di bawah sisi barat Bukit Rong. Pengunjung harus ekstra hati-hati menuruni anak tangga karena di beberapa titik aksesnya lumayan sempit dan licin.

Hati -Hati Kalau Mau Turun Melewati Anak Tangga Di Sana
Hati -Hati Kalau Mau Turun Melewati Anak Tangga Di Sana

Benar-benar butuh stamina dan konsentrasi ekstra, apalagi nanti saat jalan kembali ke atas. Buat yang jarang olahraga dijamin napasnya akan ngos-ngosan. Contohnya ya seperti saya ini.

Sesampainya di bawah, saya pun bingung. Mana goa nya? Cukup banyak pengunjung di sana, dan mereka hanya duduk – duduk saja. Setelah lebih dekat, saya baru ngeh, ternyata Goa Rong bentuknya kecil sekali. Tidak seperti goa yang ada dalam bayangan saya.

Ternyata Goanya Cuma Begini
Ternyata Goanya Cuma Begini

Untuk masuk ke dalam Goa Rong saya harus menunduk. Bahkan di dalam goa pun saya tidak bisa masuk lebih jauh karena di dalamnya ternyata hanya ada lubang – lubang kecil yang saya pikir kalau saya nekat mencoba masuk bisa-bisa saya ‘nyangkut di situ.

Lalu ada apa sebenarnya dengan Goa Rong yang kecil ini? Konon ceritanya Goa Rong ini ditunggui oleh penunggu yang sama dengan penunggu Gunung Merbabu (saya lupa namanya, hehee…). Selain itu, Goa Rong memiliki panjang yang tidak terukur.

Hanya para petapa dengan hati yang bersih yang bisa memasuki Goa Rong, dan nantinya bisa keluar hingga di Kota Demak. Oh, waw. Namun secara kasat mata, dan bahkan sudah dibantu sedikit cahaya senter untuk menilik lubang-lubang yang ada di dalam Goa Rong, saya tetap tidak bisa melihat apa-apa 😀

Bagian Dalam Goa Rong
Bagian Dalam Goa Rong

Konon pula katanya, jika di Desa Delik tiba-tiba ada hujan dan angin kencang maka menjadi pertanda bagi warga desa bahwa ada petapa yang telah selesai bertapa di Goa Rong. Hmm…, antara percaya dan tidak sih, tapi ya sudahlah, biarkan cerita-cerita seperti itu tetap hidup dan menjadi kepercayaan warga setempat.

Senja di Goa Rong View
Senja di Goa Rong View

Toh cerita tersebut pun akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Mari kembali ke atas saja dan menikmati senja dari Goa Rong View.

1 thought on “Eksplore Goa Rong View”

Leave a Reply