Tertarik Ke Brown Canyon? Perhatikan 5 Hal Ini

Beberapa waktu lalu saya sempat berkunjung ke salah satu tempat yang cukup hits di kalangan anak muda Semarang dan sekitarnya, yaitu Brown Canyon. Banyak yang bilang kalau Brown Canyon ini adalah Grand Canyonnya Indonesia.  Dari segi pemandangan, Brown Canyon yang terletak di daerah perbatasan Pucang Gading Mranggen, tidak jauh dari TVRI Jawa Tengah ini memang menawarkan pesona yang berhasil membuat banyak orang penasaran untuk berkunjung. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, perhatikan dulu 5 (lima) hal ini ya…

Brown Canyon
Brown Canyon
  1. Brown Canyon Bukan Tempat Wisata

Berbeda dengan Grand Canyon di Colorado – Amerika, Brown Canyon bukanlah tempat wisata yang keindahannya terbentuk secara alami dari proses alam, namun merupakan lokasi proyek galian golongan C. Usia proyek galian di lokasi ini sudah mencapai lebih dari 10 tahun dan masih aktif digunakan hingga saat ini.

Dulunya area proyek ini berupa perbukitan yang kemudian dikeruk untuk diambil pasir dan bebatuannya. Keterbatasan alat gali yang dulu hanya menggunakan Back Hoe Hidraulic Excavator Standar tidak mampu mengeruk beberapa bagian tanah dan bebatuan yang teksturnya sangat keras sehingga saat ini dapat dilihat sisa – sisa bagian tanah yang menjulang tinggi.

Sisa Galian
Sisa Galian

Sisa – sisa galian tanah inilah yang kemudian membuat pemandangan di lokasi proyek galian ini menjadi nampak menarik.

  1. Pilih Kendaraan Yang Pas Untuk Menuju Brown Canyon

Kondisi jalan menuju Brown Canyon tidak semulus jalanan di daerah perkotaan. Kondisi jalan yang setiap hari dilalui oleh truk – truk pengangkut ini masih belum begitu bagus, berbatu, serta bergelombang pada beberapa titik.

Kondisi Jalan Tidak Mulus
Kondisi Jalan Tidak Mulus

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan mobil mewah apalagi yang sudah dimodifikasi menjadi ceper, begitu pula dengan sepeda motor modifikasi. Pastikan kondisi kendaraan yang digunakan dalam keadaan baik. Seingat saya, tidak tersedia bengkel ataupun tempat tambal ban yang dekat dengan lokasi Brown Canyon.

  1. Waktu Berkunjung

Pada musim penghujan, tidak disarankan untuk berkunjung ke Brown Canyon. Kondisi jalan yang tidak bagus menjadi semakin rawan untuk dilalui karena becek, licin, dan banyak genangan air.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Brown Canyon adalah di pagi hari sebelum jam kerja, atau sore selepas jam kerja. Pada jam kerja, lokasi menjadi sangat berdebu karena proses kerja penggalian dan banyak truk – truk  pengangkut yang hilir mudik. Selain itu, minimnya pepohonan membuat matahari terasa sangat menyengat pada siang hari.

  1. Gunakan Masker

Lokasi Brown Canyon yang berdebu bisa jadi akan sangat menganggu pernapasan. Ada baiknya gunakan masker penutup hidung untuk meminimalisir menghirup terlalu banyak debu.

  1. Hati – Hati Nyasar

Dari Kota Semarang, lokasi Brown Canyon terbilang cukup jauh. Rutenya pun cukup rumit. Dari beberapa artikel yang saya baca, ada beberapa alternatif rute yang bisa dipilih (bisa dibrowsing sendiri ya alternatif rutenya, hehee…). Pelajari masing – masing alternatif rute tersebut dengan seksama.

Walaupun sudah berbekal bantuan GPS, saya tetap saja nyasar. Saran saya, tetap manfaatkan aplikasi klasik ‘malu bertanya sesat di jalan’ alias bertanya pada penduduk sekitar. Serius, ini sangat membantu. Hanya saja, saat bertanya lebih baik menyebutkan dengan ‘lokasi proyek galian pasir’ daripada Brown Canyon, sebab warga sekitar tidak terlalu familiar dengan istilah Brown Canyon.

Nah intinya, karena bukan tempat wisata dan lebih tepatnya merupakan lokasi proyek galian yang masih aktif, tentu berkunjung ke Brown Canyon tidak senyaman ketika berkunjung ke tempat wisata. Di Brown Canyon tidak ada fasilitas – fasilitas sebagaimana biasanya tersedia di tempat wisata, selain itu ekstra hati – hati selama berada di Brown Canyon menjadi hal wajib ya.

Hmm, atau kamu bisa coba berkunjung ke alternatif wisata yang ada di Semarang dan tempat wisata lain yang juga sedang hits di Jawa Tengah?

2 thoughts on “Tertarik Ke Brown Canyon? Perhatikan 5 Hal Ini”

Leave a Reply