3 Ikan Sungai Ini Bikin Saya Jatuh Cinta

Banyak-banyaklah makan ikan, sungai kita kaya. Alam menyediakan banyak.” Begitu kata nenek saya dulu. Memang betul, hidup di Palangka Raya dengan aliran sungai – sungai besarnya, tentu hidangan lokal tidak akan jauh – jauh dari olahan ikan sungai. Palangka Raya bisa jadi salah satu surga bagi para pecinta ikan untuk memuaskan hasrat kulinernya.

Sayangnya, saya bukan penggemar ikan. Saya penggemar Oppa Jin Goo. Eh?! Seringnya saya akan bilang bye! pada ikan kalau ada pilihan menu lain sebagai asupan protein. Selain urusan tidak bisa berenang, menurut teman – teman, ini adalah keanehan lainnya untuk seorang berdarah Dayak seperti saya.

Tapi, perkara tidak suka makan ikan, saya bukan penganut garis keras. Serius. Saya masih bisa mentolerir makan ikan dalam kondisi tertentu. Misalnya saat diajak dinner oleh Oppa Jin Goo. Saya akan pilihkan tiga ikan ini untuk Oppa Jin Goo. Apa sebab? Tiga ikan sungai ini sukses membuat saya jatuh cinta.

Lais

Penampakan Asli Ikan Lais Sebelum Diolah
Ikan Lais, Ikan Sungai Yang Musiman di Kalimantan

Ikan yang memiliki daging tidak terlalu tebal ini berada di urutan pertama ikan yang akan saya cari jika berkunjung ke rumah makan. Olahan favorit saya adalah dibakar.

Olahan Ikan Lais Goreng
Olahan Ikan Lais Goreng. Sumber : suharyantobjm

Dagingnya empuk dan manis. Atau bisa juga digoreng garing, rasanya jadi gurih dan kriuk kriuk. Tidak amis.

Baung

Kalau dilihat sekilas, penampakan ikan ini sedikit mirip lele. Ada kumisnya. Mirip kumisnya om Tukul. Tekstur daging Ikan Baung lumayan tebal dan padat. Empuk. Lembut. Aturan wajib saya untuk si Baung cuma satu. Wajib Dibakar!

Ikan baung bakar. Ini Enak!
Ikan baung bakar. Ini Enak! Sumber : dananwahyu

Menurut saya, citarasa ikan baung bakar akan lebih nikmat jika disantap dengan sambal dan lalapan ketimbang diolah menjadi masakan berkuah.

Ikan Seluang, Ikan Sungai Yang Imut – Imut

Ikan seluang ini ukurannya kecil – kecil menggemaskan. Ikan seluang dapat diolah menjadi macam – macam masakan, tapi favorit saya adalah digoreng.

Ikan Seluang Goreng Yang Kriuk - Kriuk
Ikan Seluang Goreng Yang Kriuk – Kriuk. Sumber : bloguajy

Digoreng kering biasa atau digoreng berbalut tepung, sama saja nikmatnya. Renyah kriuk kriuk dan juga tidak amis. Olahan ikan seluang goreng tepung adalah yang paling sering dijadikan oleh – oleh khas dari Palangka Raya.

Nah, kalau kamu belum pernah icip – icip ketiga ikan tadi, main – mainlah ke Palangka Raya. Ikan lais, ikan baung, maupun ikan seluang banyak dijual di rumah makan khas Palangka Raya. Bisa coba ke Rumah Makan Samba di Jalan R.T.A. Milono, Rumah Makan Al’muminun di Jalan Darmosugondo, atau di Rumah Makan Kampung Lauk yang jadi primadona di area Jembatan Kahayan seberang.

————————————————–

[Tulisan ini dibuat untuk #nhclnulis bulan Januari 2017. Tema bulan Januari dari @jejakjelata adalah “kuliner khas daerah”.]

[#nhclnulis adalah proyek iseng sekelompok ‘zat kimia’ untuk ngomongin hal – hal yang serba #3 dari tema yang diangkat. Setiap bulan, berdasarkan tema yang sudah ditentukan di minggu 1, masing – masing akan membuat 1 tulisan, lalu diposting di blog atau instagram pada minggu ke-3. Temanya ditentukan sendiri bergantian oleh para ‘zat kimia’.]

[Tulisan para zat kimia lainnya di #nhclnulis bulan Januari 2017 bisa diliat di blog @jejakjelata, @jemzamanda, dan @aTIKa.]

 

 

4 thoughts on “3 Ikan Sungai Ini Bikin Saya Jatuh Cinta”

Leave a Reply