Sleeper Bus : Transportasi Unik di Vietnam Untuk Menuju Nha Trang

Setelah ngobrolin soal wisata Nha Trang, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana akses menuju ke sana. Sebenarnya banyak transportasi yang bisa kamu pilih untuk menuju Nha Trang. Tergantung juga dari mana asal keberangkatanmu. Salah satu transportasi yang bisa kamu coba saat di Vietnam adalah sleeper bus. Bus dengan konsep tempat tidur bagi penumpangnya ini bisa menjadi pengalaman menarik jika kamu ingin mencoba moda transportasi yang berbeda.

Sebenarnya menaiki sleeper bus di Vietnam adalah pengalaman pertama bagi saya. Di Indonesia saya belum pernah menemukan yang model begini. Menurut saya, interior di dalam sleeper bus nampak seperti kamar hostel. Ada banyak kursi dengan model ranjang tingkat dua yang dapat diatur sendiri tingkat kenyamanan posisi berbaringnya oleh si penumpang. Selain itu, masing – masing dilengkapi dengan laci kecil tempat penyimpanan sandal / sepatu.

Bagian Dalam Sleeper Bus
Bagian Dalam Sleeper Bus

Kalau biasanya di perjalanan panjang pantat harus berpegal – pegal ria karena duduk diam di dalam bus, kali itu rupanya tidak. Berangkat pukul 8 malam dari Ho Chi Minh City, bagi saya yang bertubuh minimalis ini, perjalanan 9 jam ke Nha Trang menggunakan sleeper bus terbilang baik – baik saja. Saya bisa terlelap selama berada di dalam bus karena tubuh bisa direbahkan dengan nyaman. Kaki saya pun pas sekali bisa diselonjorkan. Dengan kondisi ngepas itu, pikir saya, sepertinya tidur di sleeper bus  akan sedikit  kurang nyaman bagi penumpang yang berpostur tinggi. Kekurangan lainnya adalah tidak adanya toilet di dalam bus. Untungnya dalam perjalanan, bus sempat berhenti beberapa kali.

Sedikit tips tipis, saat naik sleeper bus berdoa sajalah semoga penumpang di belakangmu bebas dari bau kaki. Berdoa juga untuk kakimu, minimal supaya tidak merusak hak penumpang lain untuk menghirup udara segar. Sepertinya derita ya kalau sepanjang perjalanan di atas kepalamu ada kaki penumpang lain dengan aroma yang kurang enak.

Tiket Sleeper Bus Tujuan Nha Trang Beli Di Mana?

Ada banyak agen perjalanan yang menawarkan tiket sleeper bus ke Nha Trang dengan harga terjangkau dan jam keberangkatan yang bervariasi. Kamu bisa membeli langsung di terminal keberangkatan atau di agen perjalanan setempat. Malahan ada agen perjalanan yang memungkinkan penumpang untuk bisa membeli tiket dari jauh hari secara online.

Sleeper Bus Sinh Tourist
Sleeper Bus Sinh Tourist

Saat berpergian di Vietnam, saya dan teman – teman memilih untuk membeli secara online tiket sleeper bus di Sinh Tourist. Harganya ramah di kantong. Cukup membayar VND 159.000 untuk sekali perjalanan dari Ho Chi Minh City menuju Nha Trang. Fasilitas yang saya dapatkan adalah bantal, selimut, free wifi (yang kadang putus nyambung), plastik untuk menyimpan alas kaki, 1 botol air mineral, dan senyum manis pak supir yang hangat menyambut di pintu masuk bus.

Perlu diingat, beda agen perjalanan maka akan berbeda pula soal armada yang digunakan dan fasilitas yang diberikan kepada penumpang selama di perjalanan. Jadi pintar – pintarlah memilih agen perjalanan yang terpercaya saat akan membeli tiket busnya ya.

Leave a Reply