Kuliner Palangka Raya : 4 Makanan Favorit Ini Saya Buru Saat Pulang Kampung

Palangka Raya – kampung halaman saya – bukan kota besar dengan hiruk pikuk ala kota bisnis atau kota tujuan wisata sejuta umat. Kota cantik ini baru dilirik dan mendadak bikin penasaran banyak orang saat wacana pemindahan ibukota negara kembali menguat. Kalau kamu adalah salah satunya yang penasaran dengan Palangka Raya, cobalah berkunjung ke sana. Selain jalan – jalan mengunjungi objek wisata, kamu juga bisa mencoba wisata kuliner Palangka Raya.

Masyarakat suku dayak sangat mengandalkan hasil hutan dan sungai untuk bahan olahan makanan sehari – harinya. Tidak heran apabila kuliner Palangka Raya menjadi unik dan khas serta tidak ditemukan di daerah lainnya. Dari sekian banyak kuliner Palangka Raya, empat makanan berikut jadi favorit saya saat pulang kampung. Sempat tidak sempat pokoknya harus sempat berburu makanan – makanan ini.

Juhu Umbut Rotan

Juhu umbut rotan termasuk jenis makanan berkuah yang bahan utamanya menggunakan rotan muda. Oleh orang dayak, rotan tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai kerajinan, tapi saat masih muda pun rotan bisa diolah menjadi makanan yang lezat seperti ini.

Juhu umbut rotan sering disajikan oleh masyarakat dayak dalam berbagai acara seperti syukuran, pernikahan, atau sekedar menu harian keluarga. Saya sendiri pertama kali mencoba makanan ini saat ada acara syukuran di rumah keluarga.

Juhu Umbut Rotan
Juhu Umbut Rotan. Sumber : PkyFoodies

Awalnya saya agak ragu untuk mencoba karena mendengar soal rasanya yang pahit. Memangnya enak makan sesuatu yang rasanya pahit? Setelah dicicipi, ternyata di luar perkiraan, rasanya enak loh. Justru rasa pahitnya itu yang bikin nafsu makan bertambah. Lama – lama saya malah jadi ketagihan menyantap juhu umbut rotan.

Proses pengolahan makanan favorit saya ini terbilang sederhana saja. Rotan muda yang sudah dibersihkan dan dipotong kecil – kecil akan direbus bersama racikan bumbu. Beberapa potong ikan (biasanya ikan baung atau kepala ikan patin) dan terong asam ikut ditambahkan ke dalamnya sebagai pelengkap citarasa juhu umbut rotan. Jadi tidak melulu pahit, ada pula sensasi gurih dan asam di kuah juhu umbut rotan.

Ikan Lais Bakar

Lais merupakan salah satu varian ikan air tawar yang bisa ditemukan di sungai Kalimantan Tengah. Ikan berbentuk pipih memanjang ini populer di kalangan masyarakat lokal. Saat sedang musimnya, ikan ini dapat ditemukan dengan mudah di pasar. Harganya pun jadi terbilang murah.

Ikan lais sudah menjadi favorit saya sejak kecil karena aromanya yang tidak begitu amis setelah dimasak. Saya suka sekali ikan lais yang diolah dengan cara dibakar. Rasanya gurih dan manis. Ikan lais bakar akan semakin lezat disantap bersama lalapan dan sambal.

Wisata Kuliner Palangka Raya, Yuk Cobain Ikan Lais Bakar. Sumber : travel.detik
Wisata Kuliner Palangka Raya, Yuk Cobain Ikan Lais Bakar. Sumber : traveldetik

Selain dibakar, ikan lais yang digoreng kering juga tidak kalah enak. Saya suka menyantap ikan lais goreng bersama tumisan sayur dan sambal.

Nah, kalau kamu ke Palangka Raya dan bingung mau membawa oleh – oleh apa, ikan lais yang sudah diolah menjadi ikan asin bisa jadi pilihan. Biasanya ikan asin lais ini akan semakin nikmat disantap dengan nasi dan sop, atau nasi dan sayur asam. Soal rasa jangan ditanya. Sudah pasti juara dan selalu bikin saya kangen untuk buru – buru pulang kampung.

Kalakai

Kalakai adalah sayuran lokal yang sangat mudah ditemukan di Kalimantan Tengah. Bentuk pucuknya yang ‘agak keriting’ menjadi daya tarik tersendiri bagi saya untuk mencobanya.

Olahan Sayur Kalakai
Olahan Sayur Kalakai. Sumber : dibalik dapur

Tekstur sayurnya lembut dan agak berlendir di bagian batangnya. Biasanya diolah menjadi sayur tumisan atau berkuah menggunakan santan. Sayur kalakai nikmat disantap sepaket dengan nasi panas, ikan goreng, dan sambal terasi.

Dalam perkembangannya, kalakai ini juga sudah diolah menjadi kripik dan bisa didapatkan dengan mudah di banyak toko oleh – oleh di Palangka Raya. Tambah satu lagi nih makanan untuk masuk dalam list oleh – olehmu.

Sambal Kandas Sarai

Saya sudah tertarik pada sambal ini sejak pertama kali mendengar namanya yang cukup unik. Dilihat dari namanya, makanan ini memang dominan menggunakan sarai / serai yang dicampur dengan ikan goreng / ikan panggang.

Sambal Kandas Sarai
Sambal Kandas Sarai. Sumber : kulinerkalteng

Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan patin atau ikan lainnya yang tidak begitu banyak tulang dan memiliki tekstur daging yang tebal. Sambal kandas sarai ini di tiap – tiap daerah di Kalimantan Tengah memiliki nama dan cara pengolahan yang kadang sedikit berbeda, tapi tetap bahan utamanya adalah sarai.

Kalumpe

Kalumpe ini juga termasuk dalam deretan olahan sayuran di Palangka Raya. Bahan utamanya adalah daun singkong yang ditumbuk halus.

Kalumpe
Kalumpe. Sumber : Qubicle

Biasanya dimasak dengan santan encer dan ditambahkan terong kecil / terong pipit. Saya paling suka menyantap kalumpe yang masih mengepul panas dengan nasi dan ikan asin.

—–

Nah, kamu bisa memburu makanan – makanan favorit saya tadi di beberapa rumah makan yang menjual menu khas Palangka Raya. Dijamin saat mencicipi kuliner Palangka Raya akan membuat pengalaman kunjunganmu ke bumi Tambun Bungai ini menjadi semakin berkesan.

 

Leave a Reply