Berkontribusi di Google Maps Dengan Menjadi Local Guides

Saya yakin bahwa goole maps sudah sangat tersohor. Layanan google yang satu ini banyak diakses oleh pengguna internet untuk melihat peta lokasi, informasi seputar tempat-tempat terbaik di daerah yang dilewati, kondisi lalu lintas, hingga membantu penggunanya untuk merencanakan rute perjalanan. Layanan google maps terasa makin informatif semenjak adanya tambahan fitur local guides.

Fitur local guides memungkinkan para pengguna google maps untuk berkontribusi dengan saling berbagi informasi dan pengalamannya tentang sebuah tempat. Bisa dibilang, local guides menjadi sarana bagi penduduk lokal maupun para penjelajah untuk berbagi dan membantu orang lain menemukan tempat-tempat baru yang tepat sesuai kebutuhan.

Local Guides. Sumber : google

Dalam posisi sebagai seorang pencari informasi, saya sering terbantu untuk memilih sebuah tempat di google maps berkat para pengguna yang sudah berkontribusi melalui local guides ini. Saya bisa melihat bagaimana penilaian dan pengalaman orang lain tentang sebuah tempat. Ini semakin mempermudah saya untuk menentukan pilihan.

Tertarik Berkontribusi di Local Guides? Cara Bergabungnya Mudah Sekali

Ternyata tidak sulit untuk menjadi bagian dari local guides dan berkontribusi di google maps. Caranya mudah kok. Terlebih dahulu kamu harus punya akun gmail. Kalau belum punya akun gmail, kamu bisa pelajari cara membuatnya di sini.

Setelah memiliki akun gmail, kamu bisa langsung mengakses google maps dan berkontribusi sebagai local guide. Untuk memantau kontribusimu, bisa klik menu di kiri layar dan pilih ‘your contribution’.

Berkontribusi di Local Guides, Begini Caranya

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk berkontribusi di google maps melalui local guides.

  • Memberikan rating/penilaian

Menurut saya, cara kontribusi yang satu ini adalah yang paling gampang. Kamu hanya cukup memberi bintang sebagai tanda peringkat untuk sebuah tempat. Tersedia bintang 1-5 yang bisa kamu tap. Semakin bagus sebuah tempat, maka akan semakin pantas untuk kamu berikan rating hingga bintang 4 atau malah bintang 5. Jika kebetulan sebuah tempat tidak meninggalkan kesan baik bagimu, tidak masalah jika kamu memberikan rating rendah seperti bintang 2 atau bintang 1.

  • Menulis ulasan

Sebagai local guide, kamu bisa memberikan ulasan tentang sebuah tempat. Ulasan bisa tentang kondisi tempatnya, pelayanan yang ada di sana, harga, rasa makanan/minuman yang tersedia di tempat tersebut, atau informasi lainnya yang lebih mendetail.

Ulasan yang kamu berikan bisa membantu calon pengunjung untuk mengetahui lebih jauh tentang tempat tersebut. Berikanlah ulasan objektif yang memang benar-benar sesuai dengan pengalamanmu. Apa adanya saja. Jangan lupa, agar tetap enak dibaca oleh siapapun, tuliskan ulasanmu dengan kalimat yang baik dan sopan ya.

  • Berbagi foto

Untuk melengkapi rating dan ulasan, maka menambahkan satu atau beberapa foto tempat akan menambah lengkapnya kontribusimu. Bagikan foto yang menarik dan kamu rasa perlu untuk diketahui oleh orang lain terkait tempat tersebut. Usahakan fotonya adalah foto pribadimu sebab google menerapkan beberapa kebijakan terkait foto seperti apa yang dapat mereka terima. Mengenai ketentuan foto dimaksud kamu bisa baca selengkapnya di sini.

  • Berbagi Video

Sebagai local guide, kamu dapat berkontribusi dengan membagikan video tentang sebuah tempat. Video tersebut bisa menampilkan suasana tempat, rupa eksterior / interior, layanan, produk, makanan, minuman, dan hal-hal detail lainnya.

Caranya cukup mudah. Kamu bisa langsung merekam dan membagikan video dengan menggunakan kamera yang terdapat pada maps berdurasi 10 detik. Cara lain, kamu bisa mengupload 30 detik video yang telah direkam sebelumnya dari rol kameramu.

  • Menambahkan tempat yang belum ada

Kamu bisa menambahkan tempat umum dan bisnis seperti toko atau restoran apabila ternyata tempat tersebut belum muncul di peta google. Untuk menambahkan sebuah tempat, minimal kamu harus memberikan nama, lokasi, dan kategori tempat tersebut. Selengkapnya mengenai cara menambahkan tempat baru, kamu bisa pelajari bantuan google di sini.

  • Mengedit informasi sebuah tempat

Bisa jadi sebuah tempat yang sudah ada di google maps ternyata mengalami kesalahan informasi. Kesalahan informasi tersebut dapat berupa informasi mengenai sebuah tempat yang ternyata sudah tutup permanen, nama tempat yang salah, atau mungkin alamat atau penanda lokasinya yang salah. Selain itu, informasi mengenai kategori, jam buka, nomor telepon, atau situs sebuah tempat bisa juga mengalami kesalahan. Jika kamu menemukan kesalahan seperti itu, kamu bisa berkontribusi dengan mengedit informasinya.

  • Menjawab beberapa pertanyaan terkait tempat tertentu

Jika kamu mengaktifkan notifikasi di setelan google mapsmu, kamu akan menerima notifikasi dari google untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang tempat yang pernah dikunjungi. Pertanyaannya tergantung dari kategori tempatnya. Contoh beberapa pertanyaan untuk kategori tempat seperti restoran misalnya apakah ada toilet di tempat tersebut, apakah toiletnya bersih, apakah tempat tersebut menyediakan makanan halal, apakah ada menu untuk anak-anak, atau cara pembayaran seperti apa yang diterima di restoran tersebut. Selengkapnya tentang kontribusi yang satu ini, kamu bisa pelajari dari informasi bantuan google di sini.

  • Memeriksa fakta tentang tempat di sekitar kamu (facts checked)

Melalui fact checked, para local guide dapat berkontribusi dengan ikut memeriksa kebenaran informasi-informasi yang masuk ke google tentang sebuah tempat. Kontribusi ini tidak selalu bisa dilakukan oleh semua local guide. Tergantung pada jenis perangkat yang digunakan apakah sudah mendukung fitur kontribusi facts checked.Kamu bisa pelajari lebih lanjut tentang facts checked di sini.

Progress Kontribusi Yang Bisa Dipantau
Progress Kontribusi Yang Bisa Dipantau

Kedelapan kontribusi tersebut tidak sepaket harus dilakukan seketika. Kamu bisa melakukan hanya salah satu atau beberapa kontribusi saja. Saya biasanya minimal berkontribusi dengan memberikan rating dan ulasan, atau rating dan foto. Biasanya kalau mau lebih komplit, saya akan berkontribusi dengan memberikan rating, ulasan, sekaligus berbagi foto.

Reward Dari Google Untuk Local Guides

Kesediaanmu untuk berkontribusi tidak akan disia-siakan begitu saja oleh google. Di setiap kontribusi, google akan memberikan reward berupa poin. Google memiliki standar poin yang jelas sejak awal sehingga kamu bisa memantau sudah sejauh mana poinmu meningkat.

Poin Untuk Setiap Kontribusi
Poin Untuk Setiap Kontribusi. Sumber : google

Poin tersebut bisa kamu kumpulkan untuk naik ke level local guides yang lebih tinggi. Google pun sudah memasang standar yang jelas mengenai seberapa poin yang harus dimiliki agar bisa mencapai level tertentu. Untuk melihat standarnya kamu bisa cek di sini. Semakin tinggi poin, maka akan semakin tinggi levelmu sebagai local guide.

Ada banyak hadiah menarik yang diberikan oleh google kepada local guides yang telah mencapai poin dan level tertentu. Beberapa yang sudah pernah saya terima misalnya seperti voucher diskon airy’s room, kemudahan untuk akses ke rilis baru google, dan diskon sewa film di google play. Yang terbaru ada diskon belanja di Zalora. Lumayan banget.

Menjadi Local Guide & Berkontribusi Untuk Membantu Lebih Banyak Orang Itu Menyenangkan

Bagi saya, bergabung menjadi local guides tidak hanya soal mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Memang sih, makin banyak poin maka makin besar kesempatan untuk mendapatkan ‘kejutan manis’ dari google. Namun, hasrat untuk berbagi pengalaman ke lebih banyak orang menjadi alasan utama mengapa saya berkontribusi.

Kembali ke diri sendiri dulu. Ketika akan/sedang bepergian, saya kerap mengakses google maps untuk menggali lebih banyak informasi tentang tempat yang ingin dituju. Rasanya menyenangkan ketika mendapat informasi tentang sebuah tempat yang tidak hanya berisi alamat dan peta lokasinya saja. Saya terbantu sekali dengan adanya informasi tambahan berupa rating dari pengguna, pengalaman yang diceritakan, serta beberapa foto yang dibagikan.

Tips tipis nih supaya kontribusimu maksimal. Bergabunglah dengan komunitas local guide di wilayah domisilimu. Bersama anggota komunitas terdekat, kamu bisa saling support dan berbagi banyak hal seputar cara meningkatkan kemampuan berkontribusi yang lebih baik. Kadang ada juga meet up rutin yang diselenggarakan oleh komunitas local guides di masing-masing kota. Para anggota komunitas bisa bertemu langsung dan ngobrol banyak hal. Kamu bisa gali informasi soal komunitas local guides tersebut di sini.

Semarang Local Guides
Semarang Local Guides

Saya sendiri bergabung dengan semarang local guides. Komunitas ini sudah beberapa kali mengadakan meet up yang diisi dengan sharing session, photo walk, dan ngobrol-ngobrol santai dengan sesama anggota komunitas. Seru sih, dan yang pasti jadi bikin makin semangat untuk terus berkontribusi di local guides.

Nah, kamu sendiri gimana? Kalau kamu sudah punya aku gmail, dan kebetulan suka jalan-jalan, yuk ah gabung di local guides.

1 thought on “Berkontribusi di Google Maps Dengan Menjadi Local Guides”

Leave a Reply