Tempat Asik Menikmati Suasana Sore di Palangka Raya

Ada yang sedang berencana untuk berwisata ke Palangka Raya? Kalau berkunjung ke ibukota Kalimantan Tengah ini, maka jangan lewatkan untuk menikmati suasana sore di Palangka Raya. Tidak hanya berkeliling kota, kamu juga bisa mencoba tempat-tempat yang sering dikunjungi warga setempat untuk bersantai. Lokasinya masih berada di sekitar dan dekat dengan pusat kota sehingga cukup mudah dijangkau.

Taman Pasuk Kameluh

Pemerintah Kota Palangka Raya terus mengupayakan semakin banyaknya ruang terbuka hijau bagi warganya. Salah satunya adalah dengan dibuatnya taman-taman kota. Yang paling baru adalah Taman Pasuk Kameluh di Jalan S.Parman.

Taman Pasuk Kameluh - Palangka Raya
Taman Pasuk Kameluh – Palangka Raya

 

Lukisan-Lukisan Cantik Khas Dayak Menghiasi Beberapa Spot di Taman Pasuk Kameluh
Lukisan-Lukisan Cantik Khas Dayak Menghiasi Beberapa Spot di Taman Pasuk Kameluh

Taman ini tidak hanya asri dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, tapi kelebihan lainnya adalah lokasinya yang strategis. Taman Pasuk Kameluh tepat berada di pinggir Sungai Kahayan dan tidak jauh dari Jembatan Kahayan yang menjadi ikon Kota Palangka Raya. Bisa dibayangkan betapa cantiknya pemandangan yang bisa didapatkan oleh pengunjung.

Taman Pasuk Kameluh Yang Nyaman Untuk Bersantai Sore
Taman Pasuk Kameluh Yang Nyaman Untuk Bersantai Sore

 

Jembatan Kahayan Yang Bisa Dilihat Dari Taman Pasuk Kameluh
Jembatan Kahayan Yang Bisa Dilihat Dari Taman Pasuk Kameluh

Kawasan Wisata Flamboyan Bawah

Masih berada di jalur jalan yang sama, selepas Jalan S. Parman, lalu masuk ke Jalan A.Yani, terdapat gapura menuju Kawasan Wisata Flamboyan Bawah. Memasuki gapura ini perlu sedikit berhati-hati karena jalannya yang menurun tajam.

Selepas turunan tajam tersebut, pengunjung akan disambut oleh pemandangan rumah warga serta hiasan taman di bagian tengah jalan. Kawasan Wisata Flamboyan Bawah merupakan proyek water front city dari pemerintah kota Palangka Raya. Kawasan yang dulunya kumuh ini perlahan mulai ditata.

Walaupun upaya penataan tersebut nampaknya agak tersendat, namun kawasan ini menurut saya, sudah cukup layak untuk dikunjungi. Beberapa kali saya mengunjungi kawasan ini, nampak banyak juga warga yang datang untuk bersantai sore.

Pemandangan Sungai Kahayan dari Flamboyan Bawah
Pemandangan Sungai Kahayan dari Flamboyan Bawah

Di Kawasan Wisata Flamboyan Bawah ini pengunjung bisa menikmati suasana sore di pinggiran Sungai Kahayan. Kalau ingin sambil nyamil jajanan, ada banyak pedagang kaki lima yang menjual aneka makanan dan minuman ringan.

Pengunjung bisa coba turun sedikit ke dermaga kecil yang ada di bagian bawah jika ingin lebih dekat melihat suasana Sungai Kahayan di sore hari. Dari dermaga ini, Jembatan Kahayan bisa nampak di kejauhan.

Cafe Terapung di Wisata Flamboyan Bawah - Palangka Raya
Cafe Terapung di Wisata Flamboyan Bawah – Palangka Raya

 

Bagian Samping Luar Cafe Apung - Palangka Raya
Bagian Samping Luar Cafe Apung – Palangka Raya

Kalau punya uang lebih dan ingin suasana santai, ada cafe terapung ‘Rahan Untung’ yang buka setiap hari di Kawasan Wisata Flamboyan Bawah. Bentuknya berupa kapal kecil. Cafe ini cukup nyaman, dengan dua pilihan tempat duduk. Meja dan kursi biasa di bagian sisi luar, serta sofa di bagian indoor.

Wisata Dermaga Kereng Bangkirai

Berbeda dengan tempat-tempat sebelumnya, wisata dermaga Kereng Bangkirai ini lokasinya agak jauh. Butuh waktu sekitar 30 – 40 menit perjalanan dari pusat kota. Walaupun agak jauh, rupanya tidak menyurutkan niat warga untuk menghabiskan sore di tempat ini.

Wisata Dermaga Kereng Bangkirai - Palangka Raya
Wisata Dermaga Kereng Bangkirai – Palangka Raya

 

Beruntung Saya Bisa Melihat Pelangi Saat Berkunjung ke Wisata Dermaga Kereng Bangkirai
Beruntung Saya Bisa Melihat Pelangi Yang Cantik Sekali Saat Berkunjung ke Wisata Dermaga Kereng Bangkirai
Suasana Sore di Palangka Raya Bisa Dinikmati di Sini
Suasana Sore di Palangka Raya Bisa Dinikmati di Sini

Dulunya yang saya tau, kawasan ini merupakan tempat latihan para atlet dayung. Namun belakangan setelah tidak lagi digunakan, lalu ditata menjadi kawasan wisata.

Wisata dermaga Kereng Bangkirai ini tidak kalah menarik untuk jadi pilihan menikmati sore di Palangka Raya. Di sini, para pengunjung bisa menghabiskan sorenya sembari duduk santai di beberapa gazebo yang tersedia. Ada juga rumah makan terapung yang bisa dipilih kalau mau nyamil atau malah makan besar.

Coba Wisata Susur Sungai Dengan Beragam Pilihan Kapal / Getek
Coba Wisata Susur Sungai di Kereng Bangkirai Dengan Pilihan Kapal / Getek

 

Sepeda Air Gowes Juga Asik
Sepeda Air Gowes Juga Asik

Yang lebih menarik, di tempat ini ada pilihan wisata menyusuri sungai. Pilihannya bermacam – macam. Ada yang menggunakan sepeda air gowes atau getek. Tinggal pilih saja mau yang mana.

———-

Tempat-tempat tadi sudah pernah saya kunjungi dan berhasil bikin saya jadi sering kangen suasana sore di Palangka Raya. Kalau kalian, ada yang sudah pernah ke sana? Atau malah punya tempat favorit lain untuk menikmati suasana sore di Palangka Raya?

Tinggalkan Balasan