20 Rekomendasi Tempat Kuliner Enak di Semarang

Sekian tahun tinggal di Semarang, saya sudah mencoba keliling ke beberapa tempat untuk kulineran. Ternyata Semarang punya banyak tempat makan yang enak-enak. Di antara yang banyak itu, saya pilih dan bagikan 20 rekomendasi tempat kuliner enak di Semarang yang jadi favorit saya.

20 rekomendasi tempat kuliner enak di Semarang versi saya ini tipenya campur aduk ya. Mulai dari resto, coffeeshop, warung kaki lima, sampai yang murah meriah favorit mahasiswa di akhir bulan. Kebanyakan adalah tempat warga lokal suka pergi kulineran juga.

Pengen Makan Berat? Coba Kulineran Ke Tempat Ini, Dijamin Kenyang

  • Rodjo Resto – Jl. Gajah Mada No. 77

Dari luar penampakannya terlihat seperti resto mahal, tapi harganya tergolong standar untuk tipe resto sejenis. Menu makanannya rata-rata adalah khas Indonesia. Aneka ikan, daging, udang, cumi, tahu, tempe, mie, dan sayur-sayuran tersedia dengan banyak pilihan variasi masakan. Tersedia juga aneka bubur seperti sumsum, mutiara, candil, dll. Rodjo Resto punya cukup banyak area duduk yang luas sehingga cocok untuk pilihan tempat makan bersama keluarga besar atau teman-teman.

  • Kedai Beringin – Jl. Imam Bonjol (seberang pintu masuk Stasiun Poncol)

Di Kedai Beringin ini menunya serba chinnese food. Soal harga menurut saya tidak terlalu mahal. Sebandinglah dengan porsi dan rasa makanannya. Menu favorit saya di kedai ini adalah Nasi Hainan Ayam Panggang.

  • Warung Makan Bu Lestari – Pujasera Simpang Lima (Sisi Depan E-Plaza)

Warung Makan Bu Lestari ini adalah favorit saya dan teman-teman kalau mau makan malam dengan menu chinesee food yang murah meriah di tengah kota. Harganya bersahabat banget di kantong, mulai dari Rp 10.000an saja. Favorit saya di Warung Bu Lestari adalah Nasi Capcay dan Kwetiau Goreng Sapi.

  • Basilia Cafe & Dine – Jl. Menteri Supeno No. 13A

Panacota Coklat ala Basilia Cafe & Dine Semarang - Rekomendasi Tempat Kuliner Enak di Semarang
Panacota Coklat ala Basilia Cafe & Dine Semarang

Basilia Cafe & Dine masuk dalam rekomendasi tempat makan enak di Semarang versi saya. Tempat ini cukup sering saya kunjungi kalau lagi mau makan yang menunya serba western food. Olahan makanan di Basilia Cafe & Dine ini menggunakan bahan-bahan organik dan diolah tanpa MSG. Jadi cocok sekali kalau ada yang senang dan lagi cari tempat makanan sehat. Favorit saya di Basilia Cafe & Dine adalah Spaghetti Bolognese, Spicy Chicken Wings, sama Panacotta Coklatnya.

  • Warung Makan Mbak Tum – Jl. M.T. Haryono, Wonodri

Kuliner malam yang enak di Semarang salah satunya ya di Warung Makan Mba Tum ini. Buka mulai pukul 18.00 WIB. Menu favorit pengunjung adalah Gudeg Koyor. Kalau ke sini kadang dibutuhkan kesabaran ekstra untuk mengantri karena selalu ramai. Namun jangan khawatir, lelah mengantri akan terbayar lunas saat menyantap sepiring gudeg koyor ala Warung Makan Mbak Tum.

Rekomendasi Tempat Kuliner Enak di Semarang : Butuh Kopi atau Coklat Hangat Sambil Ngobrol Santai? Mampir Ke Sini

  • Kofinary Espresso Bar – Jl. Dr. Cipto No. 183A

Kofinary Espresso Bar - Semarang
Hot Cappucino Kofinary Espresso Bar – Semarang

Saya memasukkan Kofinary Espresso Bar dalam list rekomendasi tempat kuliner enak di Semarang. Interior Kofinary yang apik bikin saya jatuh cinta dan betah berlama-lama tiap kali ke sini. Ditambah juga dengan aroma kopi di dalam ruangan. Suasananya nyaman untuk ngobrol santai. Pilihan menu cukup banyak, tidak hanya kopi, ada juga coklat dan teh. Di sini wajib coba snacknya. Enak-enak. Menu yang biasa saya pesan tiap kali ke sini tidak jauh-jauh dari Taiwan Cheese Bread, Cappucino, dan Teh Tarik.

  • Stasiun Kopi – Jl. Wotgandul Barat, Kranggan, Semarang

Stasiun Kopi Semarang - Rekomendasi Tempat Kuliner Enak di Semarang

Buka mulai pukul 17.00 WIB, Stasiun Kopi sering jadi tempat saya untuk ‘nyore’. Stasiun Kopi ini penampakannya agak jadul, tapi justru itu yang bikin betah. Kopinya enak dan harganya pun tidak mahal. Favorit saya kalau berkunjung ke Stasiun Kopi adalah Kopi Vietnam dan Kopi Susu. Pula sepiring roti panggang sarikayanya yang empuk nian. Roti dan selainya dibuat sendiri oleh si pemilik Stasiun Kopi.

  • Coffee Groove – Jl. Ngesrep Timur V, Sumurboto, Semarang

Pilihan minuman di sini memang tidak terlalu banyak. Apalagi camilannya. Hanya ada pancake dengan beberapa pilihan rasa. Walaupun begitu, saya betah aja nongkrong di Coffee Groove. Tempatnya nyaman. Biasanya ditemani secangkir hot chocolate atau hot cappucino. Kadang ada juga sepiring pancake ice cream.

  • Skenario Kopi – Jl. Puri Anjasmoro Raya, Karang Ayu, Semarang

Ngopi tidak melulu harus di cafe. Coba ke Skenario Kopi, tempat ngopi bergaya kaki lima. Biasanya baru buka malam sekitar pukul 20.00 WIB. Tempatnya persis di sebelah Waroeng SS. Pilihan menu Asian Dolce atau Kopi Lelet biasanya saya pesan untuk disruput tiap kali ke sini.

  • Warkop Balaikota – Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang

Ice Chocolato Favorit Saya di Warkop Balaikota
Ice Chocolato Favorit Saya di Warkop Balaikota

Tempatnya berada di bagian dalam sisi kiri gerbang keluar gedung balaikota. Konsepnya semi outdoor. Warkop Balaikota ini selalu ramai dengan pengunjung. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, sampai orang kantoran. Pilihan menu minumannya banyak. Soal harga, rata-rata menu di Warkop Balaikota ini harganya terjangkau sekali. Untuk menebus minuman favorit saya, yaitu Es Teh Tarik dan Es Coklat, saya cukup membayar masing-masing Rp 12.000 dan Rp 15.000 saja.

Burjo Warmindo dan Angkringan Murah Meriah

  • Burjo Motekar 10 – Jl. Gondang Raya, Tembalang, Semarang

Nah yang satu ini tempat makan favorit mahasiswa nih. Kalau ke sini, jangan cuma makan indomie saja. Burjo Motekar punya menu lain yang spesial dan rasanya enak seperti ayam rica-rica, oseng ayam, dan ayam bumbu bali. Apalagi yang doyan pedes, ayam bumbu balinya rekomen sekali untuk dicoba.

  • Warmindo Meisya – Jl. Menoreh Raya No. 25, Sampangan

Kalau di Warmindo Meisya ini menu spesial yang sering saya pesan adalah nasi orak-orik telur gorengan. Menu yang jarang saya temui di warmindo lainnya. Porsinya dijamin bikin kenyang.

  • Nasi Kucing DotCom – Jl. Pasir Mas Raya (Tanah Mas)

Mau makan nasi kucing dengan banyak varian? Nasi Kucing DotCom jawabannya. Mulai dari nasi pedo, nasi orak arik telur, nasi ayam lombok ijo, nasi ayam bumbu bali, nasi teri, dll. Pilihan aneka gorengan dan aneka satenya juga banyak sekali. Buka 24 jam pula.

  • Nasi Kucing Pak Gik – Jl. Inspeksi, Sekayu (akses via Jalan Gajah Mada)

Nasi Kucing Pak Gik baru buka sekitar pukul 23.00 WIB. Cocok kalau lagi pengen makan nasi kucing pas larut malam. Pilihan nasi dan gorengannya juga banyak. Harga murah meriah.

  • Angkringan Polke – Jl. Pamularsih No. 42-44

Mau makan nasi kucing di tempat yang nyaman? Coba ke Polke. Tempatnya luas dan di malam tertentu ada live music. Aneka nasi kucing tersedia dengan berbagai menu pendamping. Ada juga jajanan pasar yang rasanya enak-enak. Pilihan minumannya juga banyak.

Yang Semarang Banget Ada Nih

  • Tahu Pong dan Mie Keriting Taman Brumbungan – Jl. Karang Wulan Bar. 1, Brumbungan

Tahu Pong Taman Brumbungan - Rekomendasi Tempat Makan Enak di Semarang

Dari beberapa tempat makan tahu pong, Tahu Pong Taman Brumbungan ini yang paling pas di lidah. Rasanya gurih. Harganya tidak begitu mahal dengan porsi yang bikin kenyang.

  • Gulai Kambing Bustaman “Pak Sabar” – Kawasan Kota Lama (Belakang Gereja Blenduk)

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar - Rekomendasi Tempat Makan Enak di Semarang

Jangan tertipu dengan penampakan tempat Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini ya. Walaupun tidak terlihat mewah dan hanya berada di dalam sebuah bangunan tua, tapi coba diicip dulu rasa gulainya. Tidak amis dan kuahnya segar. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini salah satu kuliner tersohor di Semarang, yakin tidak mau mencobanya? :pliner

  • Lunpia Cik Meme – Jl. Gajah Mada No. 107

Rekomendasi tempat kuliner enak di Semarang selanjutnya adalah Lunpia Cik Meme. Salah satu Lunpia enak di Semarang menurut saya adalah Lunpia Cik Meme ini (dulunya Lunpia Delight). Variannya banyak dengan harga yang tidak bikin dompet meringis. Mau makan di tempat juga bisa karena disediakan area duduk yang nyaman untuk pengunjung.

  • Wedang Jahe Rempah “Mbah Jo” – Jl. Menteri Supeno I/2 (Belakang Kantor Gubernur Jawa Tengah)

Wedang Jahe Rempah & Kunyit Asam Mbah Jo - Rekomendasi Tempat Kuliner Enak di Semarang

Kalau badan kurang sehat, atau lagi pengen minum yang bikin segar badan, biasanya saya akan ke Jahe Rempah Mbah Jo. Pilihan wedangan yang diolah dari berbagai rempah tersedia di sini. Mulai dari Jahe Rempah, Kunyit Asam, Beras Kencur, dll. Harganya? Murah. Segelas wedangan dibayar dengan selembar uang Rp 10.000 saja dijamin masih akan ada kembaliannya.

  • Nasi Ayam Bu Wido – Jl. Gajah Mada Gg. Melati Selatan

Nasi ayam jadi salah satu menu kuliner yang khas di Semarang. Tempat yang menjual nasi ayam enak di Semarang salah satunya adalah di Nasi Ayam Bu Wido. Tempatnya selalu ramai pengunjung karena citarasa nasi ayamnya yang memang maknyus.

——————–

Yaps, sekian 20 rekomendasi tempat kuliner enak di Semarang. Kira-kira ada yang sudah pernah kalian cobakah? Atau malah punya rekomendasi tempat kuliner enak di Semarang yang lain lagi?

2 thoughts on “20 Rekomendasi Tempat Kuliner Enak di Semarang”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: