Penginapan Murah Dekat Bandara Adi Sumarmo, Colomadu Guest House

Di tulisan kali ini, saya mau sharing pengalaman menginap di Colomadu Guest House, sebuah penginapan murah dekat bandara Adi Sumarmo. Ketika orangtua saya berkunjung ke Semarang beberapa waktu lalu, dari Palangka Raya, mereka memilih nonstop flight ke Bandara Adi Sumarmo Solo. Demi supaya tidak lelah berlama-lama di Jakarta atau Surabaya hanya untuk transit. Lalu saya pun galau. Jadwal mendarat pesawat pukul 21.40 WIB. Kalau saya paksakan langsung untuk kembali ke Semarang, pasti baru lewat tengah malam sampai di sana.

Belum lagi kalau ditambah dengan berhenti makan malam. Cinta takut mata terkatup di tengah jalan pas nyetir, bang. Maklum gampang ngantukan kalau gelap. Belum lagi kondisi orangtua yang tidak bisa terlalu lelah. Jadilah saya ubek-ubek traveloka untuk mencari penginapan yang tidak terlalu jauh dari bandara. Maksud hati biar tidak perlu jauh-jauh ke pusat Kota Solo. Tidak perlu mahal juga sih, toh cuma untuk transit dan besok paginya juga bakalan check out sebelum jam makan siang. Hasilnya saya jadi menemukan Colomadu Guest House, penginapan murah dekat Bandara Adi Sumarmo ini.

Colomadu Guest House memenuhi kriteria penginapan transit yang saya cari. Ada kamar standar kapasitas untuk 3 orang. Kamar mandi dan toiletnya privat. Murah, cuma Rp 125.000 saja untuk 1 kamar standar kapasitas 3 orang tersebut. Terakhir, lokasinya dekat dengan bandara, cuma sekitar 10-15 menit.

Antara Colomadu Guest House & Wisma Colomadu : Ternyata Sama Saja

Di hari H, saya tiba di Colomadu menjelang pukul 16.30 WIB. Masih lumayan terang buat cari-cari di manakah persisnya letak Colomadu Guest House. Rencananya saya mau check in duluan.

Saya sempat dibikin muter-muter oleh Mbak Google. Si mbak bengok-bengok turn left… turn right… turn left… turn right” melulu tapi saya tidak kunjung menemukan tempatnya. Saya sampai jengkel sendiri.

Ternyata gara-gara letak Colomadu Guest House yang berada di kanan jalan (kalau dari arah bandara), sementara marka jalan tidak memungkinkan untuk langsung belok menyeberang ke kanan. Jadi saya diminta mencari tempat yang memungkinkan untuk putar balik dulu.

Masalah pertama selesai. Masalah kedua datang. Setelah putar balik, tetap saja saya tidak menemukan Colomadu Guest House. Saya putar balik sampai 3 kali. Padahal Mbak Google sudah bilang, “your destination would be on the left…” Batin saya, “Lha mane, mbak?”

Masalah kedua ini terjadi lantaran dalam bayangan saya, nantinya akan ada tulisan Colomadu Guest House yang ukurannya besar di bagian depan. Ternyata saya salah. Tulisannya hanya ada di sebuah spanduk berwarna hijau, berukuran sedang, dan hanya diikatkan di pagar. Posisinya sedikit tertutup pohon di pinggir jalan. Itupun tulisannya “Wisma Colomadu”. Bhaikkk…

Tips! Menuju Colomadu Guest House, Penginapan Murah Dekat Bandara Adi Sumarmo

Jadi buat kalian yang mau ke sini untuk pertama kali harus lebih jeli. Carilah juga tulisan Wisma Colomadu. Lokasinya jadi satu dengan YPAC (Yayasan Pembinaan Anak Cacat) Prof. Dr. Soeharso dan Autism Center Mitra Ananda. Penampakan halaman depannya luas, bangunan dominan warna putih, dengan bangunan aula yang paling terlihat dari depan.

Colomadu Guest House - Penginapan Murah Dekat Bandara Adi Sumarmo

Oh iya, ternyata ada nama lain juga untuk guest house ini, yaitu Wisma RBM. Saya baru ngeh soal ini saat melihat seprai kasur di kamar. Saya kurang paham juga bagaimana sejarahnya sampai namanya bisa macam-macam begitu. Intinya (setau saya), Colomadu Guest House – Wisma Colomadu – Wisma RBM adalah sama saja 😀

Kalau mau ke Colomadu Guest House, penginapan murah dekat Bandara Adi Sumarmo ini, kalian bisa menggunakan google maps. Ketik saja kata kunci “Colomadu Guest House” atau “YPAC Nasional“.

Ketika Akhirnya Tiba di Colomadu Guest House a.k.a Wisma Colomadu

Ada beberapa bangunan di dalam kawasan Colomadu Guest House. Daripada salah masuk, di gerbang depan saya memutuskan untuk berhenti di pos satpam dulu dan bertanya. Dari sana saya diantarkan oleh satpam ke bagian kantor untuk proses check in seperti memfotocopy kartu identitas dan meninggalkan nomor hp. Bapak yang melayani saya di bagian check in ini ramah dan penuh senyum.

Setelah selesai, satpam yang masih menunggu di luar kantor langsung mengantarkan saya ke kamar yang berada di bagian belakang aula. Saya menempati kamar nomor 108. Kamarnya berada di lantai dasar dengan taman yang asri di bagian depannya. Disediakan 2 kursi kayu di depan kamar.

Penginapan Murah Dekat Bandara Adi Sumarmo - Taman di Bagian Depan Kamar
Taman di Bagian Depan Kamar

Kalau dilihat-lihat, ada cukup banyak kamar di Colomadu Guest House. Selain di lantai dasar, masih ada juga di lantai 2. Cuma saya tidak sempat bertanya berapa tepatnya jumlah keseluruhan kamar di guest house ini. Kalau kalian datang dengan rombongan dan butuh penginapan murah dekat Bandara Adi Sumarmo, Colomadu Guest House ini bisa jadi pilihan.

Kamar Tipe Standar Kapasitas 3 Orang ala Colomadu Guest House

Jangan berharap fasilitas lebih layaknya hotel bintang 4 ya kalau hanya membayar Rp 125.000 untuk sebuah kamar berkapasitas 3 orang. Itu harga yang sangat murah lho. Hayoo coba 125.000 dibagi 3 berapa?? Hehe…

Untungnya, walaupun murah, kamar yang saya tempati tidak buruk-buruk amat. Di dalam kamar, ada 3 bed single dengan seprai putih bertuliskan ‘Wisma RBM’ tertata rapi. Disediakan 1 bantal dan 1 selimut di setiap bed. Bednya nyaman untuk tidur dan tidak bikin punggung saya pegal saat bangun di pagi hari.

Kamar Standar di Colomadu Guest House - Penginapan Murah Dekat Bandara Adi Sumarmo
Kamar Standar Colomadu Guest House

2 meja kecil berlaci diletakkan di masing-masing pojokan kamar. Di bagian tengah, masih ada 1 meja berukuran lebih besar yang dilengkapi dengan cermin. Di atasnya diletakkan 1 teko berisi air putih dan 3 gelas kosong.

AC di dalam kamar nampaknya bukan keluaran terbaru, tapi masih bekerja dengan sangat baik. Dinginnya terasa sekali dan tidak ada kebocoran atau suara berisik. Sepanjang malam saya bisa tidur tanpa kepanasan. Di dalam kamar tidak disediakan tv. Kalau ingin menonton, bisa ke ruang tv yang berada di bagian luar kamar.

Ruang TV di Colomadu Guest House

Kamar Mandi dan Toilet Semi Outdoor

Kamar kapasitas tiga orang ini dilengkapi dengan kamar mandi dan toilet. Letaknya di bagian belakang kamar dengan konsep semi outdoor. Jadi kalau buka pintu kamar, ada ruang lain yang terdiri dari toilet, kamar mandi, dan wastafel yang terpisah. Kondisinya bersih dan tidak bau. Yang terpenting airnya juga bersih, segar, dan mengalir dengan sangat lancar. Tidak ada shower dengan hot water ya. Byar byur pakai gayung saja. Tetap asyik kok.

Oh iya, tidak disediakan perlengkapan alat mandi seperti handuk, sabun, shampoo, dll. Jadi jangan lupa untuk membawa sendiri ya.

Penginapan Murah Colomadu

Untuk tamu guest house disediakan free wifi yang bisa diakses saat berada di dalam kamar maupun di luar kamar sekitar area guest house. Wifinya lancar dan cepat.

Tips!

Saat masuk kamar, entah kenapa saya mendapati cukup banyak nyamuk. Jangan segan untuk minta bantuan staf guest house agar kamar disemprot terlebih dahulu. Mereka dengan senang hati membantu dan meminjamkan semprotan nyamuk untuk disimpan di kamar siapa tau masih dibutuhkan saat malam. Setelah kamar disemprot, barulah nyamuk-nyamuk nakal itu menghilang dan istirahat lebih nyaman tanpa perlu sibuk tapok sana sini.

Kamar tipe apapun tidak disediakan sarapan. Pula tidak ada restoran di guest house ini jika ingin memesan makanan atau minuman. Hanya disediakan dispenser hot & cold water.

Kalau butuh camilan, ada alfamidi dan indomaret yang lokasinya tidak terlalu jauh. Cukup berjalan kaki kurang dari 5 menit. Untuk tempat makan juga tidak terlalu sulit. Ada RM Taman Sari yang buka sejak pukul 07.00 WIB, lalu kalau malam hari persis di seberang guest house ada bakmi jowo “Mbak Erla” yang rasanya lumayan enak dan sebuah warung penyetan.

————————–

Colomadu Guest House
Teras Kamar Lantai 1 – Colomadu Guest House

Colamadu Guest House penginapan murah dekat Bandara Adi Sumarmo ini bisa jadi pilihan kalau kamu butuh penginapan untuk sekedar transit. Apalagi kalau kamu dari luar kota dan ada jadwal penerbangan pagi hari melalui Bandara Adi Sumarmo. Kalau ada waktu luang sedikit untuk jalan-jalan, dari Colomadu Guest House, kamu bisa berjalan kaki ke De Tjolomadoe – Bekas Pabrik Gula yang kini sudah direvitalisasi jadi lebih menarik dan baru saja dibuka Maret 2018 lalu.