Tidak Cuma Bikin Ketagihan, 4 Jenis Kacang Ini Juga Baik untuk Diet

Bagi penyuka traveling, sebenarnya memiliki berat tubuh ideal adalah hal yang cukup penting sebab akan sangat mendukung aktivitas jalan-jalanmu. Tidak lucu kan kalau sedang menjelajahi sebuah tempat, kamu sudah keburu ngos-ngosan cuma karena kelebihan berat badan. Ujung-ujungnya jadi lebih banyak berhenti ketimbang jalan, atau malah berhenti sebelum selesai berkeliling. Makanya, tidak sedikit kawan pejalan yang rela diet dengan cara mengatur pola makan dan mengurangi kebiasaan ngemilnya.

Bagi sebagian orang, menghilangkan kebiasaan ngemil ini memang tidak mudah. Meskipun tidak ada yang salah dengan kebiasaan ini, tetapi umumnya orang menganggap ngemil sebagai salah satu pemicu naiknya berat badan. Tidak heran jika kebiasaan ngemil sering kali dihindari terutama bagi yang sedang menjalani diet. Ya, selain bisa memicu kegemukan, tidak sedikit pula yang percaya bahwa ngemil merupakan salah satu faktor yang menyebabkan gagalnya program diet.

Untuk kamu yang sudah terbiasa ngemil, maka tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa ngemil sekalipun sedang menjalani program diet. Ya, solusinya adalah dengan mengubah cemilanmu dengan makanan yang lebih sehat. Salah satunya yaitu dengan kacang-kacangan. Selain rasanya yang bikin ketagihan, kacang juga bisa dijadikan makanan diet sehat. Bahkan banyak sekali jenis kacang-kacangan yang ternyata bagus untuk menurunkan berat badan, di antaranya :

1. Kacang Almond

Selain rasanya yang gurih, kacang almond juga memiliki ukuran yang cukup besar dari kacang-kacang lainnya. Meskipun dikonsumsi dalam jumlah sedikit, kamu bisa kenyang lebih lama sehingga sangat bagus untuk dijadikan cemilan saat diet. Kacang ini juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan seperti lemak tak jenuh, protein, dan serat.

Kacang Almond - Kacang Untuk Diet Yang Bisa Kamu Coba
Kacang Almond Bisa Jadi Pilihan Cemilan. Sumber : stocksnap.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, makanlah almond sebelum berolahraga. Kacang ini diperkaya asam amino L-arginine yang bekerja membantu membakar lemak lebih banyak.

2. Kacang Brazil : Pilihan Kacang Untuk Cemilan Sehatmu

Sesuai namanya, kacang ini berasal dari Negara Brazil. Kacang Brazil juga sering dijadikan cemilan lezat dan mengandung sumber selenium mineral yang cukup tinggi. Kandungan tersebut sangat berperan penting terutama dalam proses metabolisme, kekebalan tubuh, reproduksi, dan penyerapan vitamin E. Selain itu, kacang ini juga memiliki lemak tak jenuh yang dapat mengendalikan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Kacang Brazil - Kacang Untuk Diet
Coba Ganti Cemilanmu Dengan Kacang Brazil Yang Lezat Ini. Sumber : shutterstock.

Kacang Brazil mengandung nutrisi penting lainnya seperti seng, riboflavin, potassium, serta magnesium. Meskipun banyak kandungan sehat di dalamnya, tetapi sebaiknya kamu hanya mengonsumsi lima sampai enam kacang saja dalam sehari. Kadar selenium pada kacang ini cukup tinggi yang tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh jika berlebihan.

3. Kacang Pistachion

Rasanya yang gurih membuat jenis kacang ini juga banyak digemari sebagai cemilan sehari-hari. Kacang pistachio terbilang rendah kalori, tinggi protein, serat dan potasium. Kacang yang banyak ditemukan di Negara Timur ini sangat baik dalam membantu menurunkan berat badan.

Kacang Pistachio - Kacang Untuk Diet
Kacang Untuk Diet : Coba Kacang Pistachio Untuk Cemilan Sehatmu

Kacang Pistachion dapat memberikan cadangan energi yang bisa membuatmu lebih aktif. Meskipun kacang pistachio berasal dari Turki, tetapi kamu juga bisa menemukannya di Indonesia. Kacang ini sudah banyak dijual di berbagai supermaket di Indonesia.

4. Kacang Tanah

Jenis kacang ini sudah pasti sering kali kamu jumpai. Ya, mengonsumsi kacang tanah secara teratur dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh lebih berenergi dan mampu memangkas lemak lebih banyak.

Kacang Tanah
Kacang Tanah Baik Untuk Diet Sehatmu Sebagai Cemilan

Kandungan protein dan serat yang terkandung di dalam kacang tanah bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan mengandalkan kacang tanah sebagai makanan diet, kamu bisa terhindar dari keinginan untuk ngemil atau makan secara berlebihan.

———

Itulah beberapa jenis kacang untuk diet yang bisa kamu andalkan sebagai cemilan. Kacang-kacang tersebut juga mudah dikemas untuk dibawa kemana-mana bahkan saat kamu sedang traveling. Jadi nggak perlu khawatir gagal diet walaupun sedang traveling ya kawan.

Umumnya kacang memiliki citarasa pulen yang tidak bikin bosan ketika disantap. Meskipun demikian sebaiknya kamu juga harus menjaga porsi cemilanmu ya. Baik untuk diet bukan berarti bisa disantap sesukamu. Yuk, semangat dietnya ya 🙂

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: