Wedang Jahe Rempah Mbah Jo : Minuman Tradisional Sehat di Semarang

Siapa yang tidak tahu jahe? Jahe menjadi yang paling dicari sebagai bahan racikan obat maupun olahan kuliner karena rasanya yang pedas dan memberi sensasi hangat. Menu olahan jahe dapat dengan mudah ditemukan di berbagai restoran hingga warung kaki lima. Sebut saja Warung Wedang Jahe Rempah Mbah Jo. Berbekal pengetahuan yang diperolehnya dari membaca buku-buku obat tradisional Mbah Jo memulai usaha wedang jahe ini.

Warung Wedang Jahe Mbah Jo berada di belakang Kantor Gubernur Provinsi Jawa Tengah, di seputar Jalan Pahlawan, Semarang. Warung Mbah Jo selalu ramai pengunjung dari siang hingga malam hari. Tidak jarang saat saya sedang berkunjung ke warung Mbah Jo, saya harus rela antri untuk bisa mendapatkan tempat duduk.

Wedangan di warung Mbah Jo
Wedangan di warung Mbah Jo
Wedang jahe rempah merupakan menu andalan yang ditawarkan oleh Warung Mbah Jo kepada para pengunjung yang datang. Di warung Mbah Jo, jahe serta rempah-rempah lainnya diracik secara tradisional sehingga rasa dan tampilannya pun berbeda jika dibandingkan dengan jahe olahan pabrikan.

Proses pembuatan wedang jahe rempah di Warung Mbah Jo ini simpel saja. Jahe serta rempah-rempah lainnya yang sudah dicuci bersih akan digeprek, dicampur dengan gula batu, lalu diseduh dengan air panas. Jadilah olahan jahe rempah khas warung Mbah Jo.

Saat berkunjung ke Warung Mbah Jo, saya sudah beberapa kali mencicipi olahan wedang jahe rempahnya. Soal rasa dan khasiatnya tidak perlu diragukan. Rasa jahe yang pedas dan hangat berpadu sedikit asam dari jeruk nipis membuat tubuh saya yang lelah menjadi segar kembali.

Wedang Jahe Mbah Jo
Wedang Jahe Mbah Jo

Selain menu jahe rempah, masih ada pula menu lainnya. Susu jahe, kopi jahe, jahe nipis, kunir asam, temulawak, atau beras kencur bisa dipilih oleh pengunjung. Menu makanan ringan seperti kacang goreng, ketan, pisang goreng, sate usus, hingga bihun goreng bisa pula dinikmati di warung Mbah Jo ini.

Sesekali nongkrong sehat di Warung Wedang Jahe Rempah Mbah Jo wajib dicoba oleh para pecinta kuliner.

 

Lokasi Wedang Jahe Rempah Mbah Jo

4 thoughts on “Wedang Jahe Rempah Mbah Jo : Minuman Tradisional Sehat di Semarang”

Leave a Reply