Punya Travel Blogger Indonesia Favorit? Ini Versi Saya

Punya sekaligus tiga hobi ini? Jalan – jalan, membaca, dan suka menulis cerita perjalanan? Sebagian besar yang menjawab iya, pasti pernah atau malahan sering membaca blog – blog tentang traveling yang ditulis oleh para travel blogger. Bagi saya pribadi, membaca blog tentang traveling akan sangat membantu untuk menemukan referensi tempat wisata, referensi bahan tulisan, atau sekedar memuaskan hasrat membaca hal – hal yang lekat dengan dunia traveling.

Kali ini saya mau share 7 (tujuh) Travel Blogger Indonesia favorit saya. Bisa dibilang mereka ini masuk dalam list favorit saya karena isi blog mereka tidak hanya enak dibaca dan informatif, tapi juga inspiratif. Masing – masing punya gaya khas unik untuk penulisan artikelnya. Siapa saja? Yuk intip…

  1. Farchan Noor Rachman

Blog milik Mas Farchan ini bisa dilihat di www.efenerr.com. Entah kenapa pertama kali membaca tulisan di efenerr, saya jadi ketagihan buat balik lagi dan lagi. Tulisannya tidak membosankan. Saya merasa disuguhkan cerita perjalanan dengan gaya penulisan ala Mas Farchan yang berbeda dari kebanyakan travel blogger lain. Sisi humanis yang ditawarkan dalam tulisannya menjadi nilai plus bagi saya.

  1. Indohoy

Blog www.indohoy.com ditulis oleh 2 (dua) perempuan Indonesia, yaitu Mumun dan Vira. Awalnya mengenal blog mereka karena acara #travelnblog3 yang batal saya ikuti beberapa tahun lalu. Di blog indohoy yang templatenya lucu ini, keduanya menulis segala cerita tentang Indonesia dengan gaya penulisan yang terbilang sederhana dan menarik. Ahh…, berbahasa Inggris pula. Bukan karena saya jago Bahasa Inggris sih, tapi karena niat mulianya supaya Indonesia bisa semakin dikenal oleh orang – orang di luar sana. Kan kalau ditulis dengan Bahasa Indonesia, target pembacanya juga menjadi lebih terbatas.

  1. Yunaidi Joepoet

Selain fotografi, Yunaidi Joepoet yang adalah fotografer Nat-Geo Indonesia ini ternyata punya hobi menulis juga. Tulisan – tulisannya di blog www.ranselkosong.com disajikan dengan menarik dan dilengkapi foto – foto yang tidak kalah ‘wowww’ sehingga bikin saya betah berlama – lama menjelajah tempat – tempat baru melalui blognya ini.

  1. Trinity

Trinity yang dikenal sebagai traveler dan penulis buku serial The Naked Traveler ini mulai menuliskan cerita – cerita perjalanannya di blog www.naked-traveler.com pada tahun 2005. Pengalaman jalan – jalannya ditulis dengan pilihan kata yang ringan, lucu, dan bisa membuat pembaca ikut merasakan apa yang dialami oleh Trinity ketika itu. Walaupun pada akhirnya semakin banyak tulisannya yang dibukukan, tetapi blognya ini tetap update. Menurut saya, blog Naked-Traveler ini tidak hanya populer di kalangan para pejalan. Beberapa teman saya yang tidak hobi jalan – jalan pun suka sekali membaca tulisan Trinity di blog Naked-Traveler. Alasannya sederhana, sesederhana tulisan – tulisan Trinity…. “baca tulisannya sudah bisa bikin saya sampai di tempat – tempat yang belum pernah saya datangi.”

  1. Ariev Rahman

Mas Ariev Rahman ini pertama kali mencuri perhatian saya gara – gara logo dari blognya www.backpackstory.me yang menurut saya simpel dan lucu. Cukup melihat logonya saja, saya sudah bisa menebak blog ini pasti milik orang yang suka jalan – jalan dan menulis. Kebanyakan tulisan – tulisan dalam blognya dibuat dengan gaya narasi sehingga terlihat cukup panjang. Walaupun panjang, bagi saya, cerita perjalanan yang disuguhkan oleh Ariev Rahman dalam blog backpackstory ini sangat informatif dan menghibur. Di antara kalimat yang serius, sering nyempil kalimat – kalimat lucu yang sukses bikin ketawa – ketawa sendiri.

  1. Mia Kamila

Kenalan dulu sama Mia Kamila, Travel Blogger Indonesia dari Kota Semarang yang hits dengan blognya www.jejakjelata.com. Yang saya suka dari blog jejakjelata ini adalah kontennya yang terbilang cukup update dan informatif. Di beberapa artikel, Mia Kamila sukses bikin saya ketawa – ketawa sendiri karena cerita perjalanannya yang konyol.

  1. Agustinus Wibowo

Yang terakhir ini adalah super duper favorit saya sebelum efenerr. Ibarat titanic yang menabrak gunung es (lebay), saya benar – benar tenggelam dalam setiap cerita yang ditulis oleh Agustinus Wibowo di blognya www.agustinuswibowo.wordpress.com. Ditulis dengan gaya jurnalisme sastra yang apik, saya diajak untuk melihat banyak tempat – tempat menarik dari sudut pandang yang tidak biasa. Tidak melulu bicara soal spot – spot indah dan menarik untuk selfie. Tidak melulu hanya bicara soal tempat, tapi ada juga sejarah dan peristiwa menarik yang tersimpan di tempat yang sedang dikunjungi.

Nah, ada yang punya list Travel Blogger Indonesia yang sama dengan saya? Atau malah punya list favorit Travel Bloggermu sendiri?

4 komentar pada “Punya Travel Blogger Indonesia Favorit? Ini Versi Saya”

Tinggalkan Balasan